7 Langkah Cara Merawat Ikan Hias Aquarium yang Mudah Tanpa Ribet

Cara merawat ikan hias aquarium ternyata gampang-gampang susah. Seperti namanya, ikan hias terkenal akan keindahannya.

Saat ini sangat banyak orang yang berminat untuk memelihara dan membudidayakan ikan hias di rumahnya. Tapi sayangnya, masih sangat sedikit orang yang tahu cara budidaya ikan hias yang baik dan benar.

Sebenarnya kebanyakan jenis ikan hias mudah dibudidayakan. Bahkan budidaya ikan hias tidak memerlukan tempat yang luas dan modal besar, karena bisa dilakukan di akuarium. Agar lebih jelasnya, silakan simak panduannya di sini!

Cara Merawat Ikan Hias Akuarium yang Mudah

Ikan hias aquarium termasuk jenis hobi yang dijalankan banyak orang. Keindahan dan kecantikan tampilan ikan membuatnya disukai banyak orang.

cara merawat ikan hias aquarium

Nah, buat Anda yang ingin memelihara untuk hobi ataupun untuk tujuan bisnis, berikut ini panduan cara merawat ikan hias aquarium yang bisa Anda lakukan.

1. Menyiapkan Aquarium

Sebagai langkah pertama dalam budidaya ikan hias aquarium yang harus Anda perhatikan adalah menyiapkan wadah. Untuk budidaya ikan hias Anda hanya memerlukan akuarium yang tak terlalu besar.

Tak perlu khawatir, sebab harga akuarium di pasaran sangat bervariasi. Silakan pilih harga yang pas dan sesuai dengan budget Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan sistem aliran air untuk membuat air terus bergerak.

2. Penyesuaian Wadah

Perlu diketahui, hal yang penting dalam cara merawat ikan hias dan berpengaruh terhadap perkembangan ikan hias aquarium adalah air, suhu, ph, kandungan oksigen, dan kecerahan.

cara merawat ikan hias aquarium

Oleh karena itu Anda perlu mencari tahu jenis ikan hias yang akan dibudidayakan sembari menyesuaikan pula dengan wadahnya. Khususnya untuk budidaya ikan hias air tawar, Anda hanya perlu menyediakan air dengan kandungan kimiawi zero.

Sementara itu untuk suhu air aquarium dijaga sekitar antara 24 – 30 derajat celcius. Kemudian keasaman air atau ph-nya harus kurang dari 6 – 7, oksigen terlarutnya lebih dari 3 ppm, dan tingkat kecerahan airnya berkisar 30 – 60 cm.

3. Pakan

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam cara merawat ikan hias adalah soal pakan. Pada dasarnya pakan untuk ikan hias aquarium terbagi menjadi dua, yakni pakan alami dan buatan.

Pakan alami bisa didapatkan dari kutu air, kodok, jentik nyamuk, influsoria, cacing sutera, serangga, dan ikan kecil. Sementara itu untuk pakan buatannya sendiri, Anda bisa memberikan pellet dengan kadar protein yang sesuai kebutuhan pertumbuhan ikan tersebut.

4. Pemilihan Calon Indukan Ikan Hias

Langkah panduan cara merawat ikan hias dalam budidaya di media aquarium selanjutnya adalah memilih calon indukan ikan hias aquarium yang sehat. Dengan media yang terbatas anda bahkan bisa belajar memijahkan jika natinya media akan di perlebar ke kolam untuk menghasilkan bibit ikan hias berkualitas.

cara merawat ikan hias aquarium

Untuk ikan hias betina, sebaiknya dipilih yang perutnya terlihat gendut ke arah genital dan jika diraba, maka akan terasa lebih halus dan lembek. Lalu untuk indukan jantan, jika diurut ke arah genital maka akan mengeluarkan cairan sperma.

5. Proses Pemijahan

Dalam tahapan cara merawat ikan hias air tawar satu ini harus diketahui adanya dua jenis pemijahan yang harus Anda tahu, yakni internal dan eksternal. Untuk memudahkan proses pemijahan Anda harus menyiapkan berbagai hal, seperti media, bahan, dan alat – alat lainnya.

6. Penetasan Telur

Biasanya telur akan mulai menetas kurang lebih selama 24 jam dan berubah jadi larva. Proses inkubasi atau penetasan ini bisa dilakukan di dalam akuarium dan merupakan tahapan panduan budidaya dan cara merawat ikan hias aquarium yang mesti diperhatikan.

7. Perawatan

Larva bisa ditempatkan di dalam akuarium, ketika mulai menetas hingga kurang lebih berusia 1 minggu, larva tidak perlu diberi makan. Baru setelah 1 minggu Anda bisa memberi mereka makan berupa cacing sutera, kutu air, atau infusoria. Ketika larva berubah menjadi benih dengan ukuran lebih besar lagi, tentu saja pakan yang diberikan pun harus berubah.

Demikian informasi yang bisa kita bagikan tentang panduan cara budidaya ikan hias aquarium yang cukup mudah dilakukan. Dengan memperhatikan beberapa tahapan cara merawat ikan hias yang sudah dijelaskan di atas akan memudahkan Anda memantau perkembangan ikannya, baik untuk kepentingan bisnis ataupun sekedar menjalankan hobi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *