Ini Dia 4 Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Hias yang Berhasil

Usaha budidaya ikan hias bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan memberikn keuntngan tidak kecil jika ditekuni dengan serius dan benar. Apalagi pangsa pasar usaha ini sangat lua dan hampir semua orang senang memeliharanya, khususnya di perkotaan.

Melakukan budidaya ikan hias bagi banyak orang merupakan hobi yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain dijadikan hobi, budidaya ikan hias juga bisa menguntungkan. Karena, ikan hias menawarkan keindahan dengan nilai jual tinggi. Tidak heran, banyak orang siap untuk membeli ikan hias dengan harga mahal.

Budidaya ikan hias air tawar sebenarnya sangatlah menguntungkan. Karena, tidak perlu modal yang begitu besar untuk memulainya. Salah satu alasannya, karena untuk tempatnya sendiri bisa hanya dengan aquarium saja. Selain itu, prospek ikan hias di indonesia selalu memberikan keuntungan.

usaha budidaya ikan hias

Ikan hias yang dibudidayakan dengan baik dapat memperoleh keuntungan. Tertarik ingin mengetahui bagaimana memulai usaha budidaya ikan hias? Baca lebih jelasnya dibawah ini.

Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Hias

Agar bisa memperoleh hasil yang baik, maka anda harus paham bagaimana memulai budidaya ikan ini. Ini dia beberapa yang harus diperhatikan:

1. Tempat Budidaya

Anda tidak perlu bingung mengenai tempat yang akan digunakan untuk budidaya. Karena, sangat mudah untuk melakukan budidaya ikan hias. Untuk tempatnya bisa menggunakan akuarium sesuaikan dengan ikan hias yang akan di budidaya.

Untuk wadah dari ikan hias juga usahakan dalam kondisi yang bersih. Jangan sampai ada yang bocor sedikitpun. Besaran dari tempat tetap harus diperhatikan secara jelas. Jika besaran tidak disesuaikan dapat membuat ikan justru stress. Selain itu, siapkan juga tempat untuk pemijahan dari ikan.

2. Penyesuaian Lingkungan

Perlu diketahui, hal yang berpengaruh terhadap perkembangan ikan hias adalah air, suhu, ph, kandungan oksigen, dan kecerahan. Oleh karenanya Anda perlu mencari tahu jenis ikan hias yang akan dibudidayakan sembari menyesuaikan pula dengan wadahnya. Khususnya untuk budidaya ikan hias air tawar, Anda hanya perlu menyediakan air dengan kandungan kimiawi zero.

Sementara itu untuk suhu airnya berkisar antara 24 – 30 derajat celcius. Kemudian keasaman air atau ph-nya harus kurang dari 6 – 7, oksigen terlarutnya lebih dari 3 ppm, dan tingkat kecerahan airnya berkisar 30 – 60 cm.

3. Memilih Bibit Ikan Hias

Agar hasil dari budidaya tetap berkualitas, maka harus bisa memilih benih ikan yang baik juga. Untuk itu, dalam pemilihan bibit pastikan yang terbaik. Coba cek secara perlahan kondisi dari bibit ikan hias. Apakah terdapat cacat pada kulitnya?

Atau, justru kondisinya sudah tidak sehat? Semuanya harus diperhatikan. Jika tidak sehat, maka gerakan dari ikan cenderung lebih lambat. Ini sangat berbahaya kedepannya karena bisa saja menjadi penyebab kematian. Ternak ikan hias paling mudah seperti ikan guppy,cupang dan lainnya. Jadi, selalu pilih bibit yang terbaik!

4. Pakan dan Pemijahan

Untuk pakan dari ikan hias bisa menggunakan pelet khusus yang mengandung protein dan vitamin. Dengan begitu, kondisi kesehatan dari ikan akan tetap baik. Setidaknya, berikan pakan 3 kali sehari pada ikan hias.

Sedangkan,untuk pemijahannya bisa dilakukan dengan benar. Gunakan media, bahan serta alat yang tepat dalam prose spemijahan. Banyak media yang bisa dipilih untuk kemudian dijadikan sebagai bahan pemijahan.

5. Pemasaran Ikan Hias

Tidak perlu bingung untuk proses pemasaran dari ikan hias air tawar. Karena, saat ini begitu mudah untuk melakukan penjualan. Dengan adanya sosial media para pembeli dan penjual bisa berkomunikasi. Harga jual dari ikan hias juga tidak murah.

Namun, biasanya banyak yang ingin membeli dengan harga grosir. Terutama, bagi mereka yang berada di luar daerah. Jika ikan hias yang dihasilkan bagus, maka harganya juga semakin tinggi. Peminat ikan hias dipasaran selalu ada setiap harinya. Jadi, tetap usahakan menjaga kualitas dari ikan hias!

Begitulah bagaimana anda bisa memulai usaha budidaya ikan hias dengan cara yang baik. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut di atas dijamin budidaya yang dilakukan akan menguntungkan. Terlebih, bisnis ikan hias tidak akan pernah ada matinya dan selalu dibutuhkan banyak orang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *