Cara Budidaya Ikan Lele dengan Media Terpal di Lahan Sempit

Cara budidaya ikan lele sebenarnya sangatlah mudah karena ikan lele ini termasuk hewan omnivora. Tapi sebelumya pastikan anda tahu bahwa lele ini terkadang dianggap sebagai hewan yang menjijikan bagi sebagian orang tentunya.

Hal ini dikarenakan lele ini merupakan salah satu hewan pemakan segala itu. Karenanya banyak orang yang mencari teknik budidaya lele ini sebagai solusi kebutuan ikan lele yang bersih dan higienis.

Dari sekian banyak cara budidaya ikan lele yang bisa anda terapkan dengan mudah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media lahan sempit dan terpal. Baca juga sukses budidaya dengan benih ikan gurami.

cara budidaya ikan lele

Media ini akan sangat cocok untuk anda yang ingin budidaya ika lele di daerah perkotaan atau di daerah yang padat pemukiman. Jangan meragukan hasilnya karena bahkan dengan media terpal sekalipun.

Langkah Cara Budidaya Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele dengan media terpal tidak terlalu sulit untuk dipraktikkan. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa meter terpal sesuai dengan ukuran lahan yang anda miliki.

Sebelumnya pastikan anda menyiapkan beberapa ruas bambu sebagai penyangga. Untuk benihnya bisa dibeli di jual bibit lele unggul harga murah.

Potong dan tempatkan bambu menyerupai kolam sesuai dengan ukuran yang anda kehendaki kemudian lapisi dengan terpal di bagian dalamnya.

Setelahnya anda berikan pemberat berupa batu bula, jangan yang tajam karena akan merusak terpat sebagai pemberat agar terpal berbentuk seperti kerangka bambu yang anda buat.

Selanjutnya anda hanya tinggal mengisikan air ke dalam kolam terpal buatan anda tersebut.

Cara budidaya ikan lele selanjutnya adalah penaburan benih. Setelah kolam terpal selesai dibuat, selanjutnya anda hanya tinggal melakukan pengisian bibit ikan lele ke dalamnya.

Pilihlah bibit ikan lele yang sehat dan berkualitas.

Taburkan benih ikan dengan kepadatan kurang lebih 100 ekor bibit per 1 m persegi lahan. Jangan terlalu padat karena akan berpengaruh pada perkembangan ikan lele itu sendiri.

Jika terlalu padat dalam penaburan benihnya, biasanya ikan lele akan cenderung lebih kerdil pada saat besarnya nanti. Perhatikan kepadatan ini agar hasil budidaya ikan lele yang anda praktikkan menjadi lebih maksimal.

Lihat juga lezatnya peluang usaha budidaya ikan hias air tawar.

Nah inilah cara budidaya ikan lele yang bisa anda praktikkan dengan mudah di rumah anda sendiri dan semoga bermanfaat.

2 Responses to “Cara Budidaya Ikan Lele dengan Media Terpal di Lahan Sempit”
    • admisi says:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *