Bibit Ikan Mas Unggul untuk Budidaya yang Efektif

Kaila Farm adalah kelompok tani pembudidaya ikan mas dan supplier benih ikan air tawar yang telah berpengalaman. Kami telah melayani banyak permintaan dan pemesanan benih ikan dari berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai petani pendederan benih ikan, Kaila Farm memiliki lokasi pembibitan di Sleman, Yogyakarta. Dari lokasi itu kami bisa melayani permintaan dan pengiriman bibit ikan berdasarkan lokasi pemesan dengan lebih cepat dan efisien.

benih ikan mas

benih ikan mas

 

kolam karantina ikan mas

kolam karantina

 

Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap budidaya ikan mas, Kaila Farm juga menyediakan waktu dan tempat bagi siapa saja yang berminat, baik perorangan maupun secara kelompok atau kelembagaan. Bimbingan yang diberikan meliputi cara budidaya ikan mas secara modern dengan memanfaatkan secara optimal lahan yang ada, target waktu panen lebih singkat, dan hasil panen yang melimpah.

Berikut ini data jenis bibit ikan mas maupun kapasitas pengiriman Kaila Farm.

Jenis : bibit ikan mas varietas Majalaya dan Sinyonya

UkuranKapasitas / Box
Larva40.000 ekor
1-2cm15.000 ekor
2-3cm6.000 ekor
3-5cm5.000 ekor
4-6cm3.000 ekor
5-7cm2.500 ekor
Calon induk40 ekor

 

Cara Budidaya Ikan Mas yang Berhasil

Untuk memperoleh hasil panen yang melimpah dan berhasil, kegiatan budidaya ikan mas tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Ada banyak factor yang menentukan keberhasilan sebuah usaha budidaya ikan air tawar. Baik lingkungannya yang kondusif, penggunaan bibit ikan unggul dan terpilih, pakan yang terjaga dan bermutu, dan berbagai kegiatan pemeliharaannya.

Begitu juga sebelum anda memesan benih ikan ke Kaila Farm, anda juga perlu mempersiapkan kolam budidaya dengan baik. Seperti halnya dengan cara mempersiapkan kolam pembesaran ikan air tawar lainnya, kolam budidaya ikan mas juga harus disterilkan terlebih dahulu untuk melenyapkan berbagai predator yang dapat mengancam kelangsungan hidup benih ikan.

Langkah penting yang harus dilakukan pertama kali adalah mengeringkan kolam hingga benar-benar kering. Proses ini membutuhkan waktu beberapa hari. Sambil proses pengeringan berlangsung, perbaiki juga kondisi kolam agar benar-benar sehat dan kondusif untuk calon benih yang akan dibesarkan.

Setelah kering, sebaiknya dasar kolam juga perlu diberi kapur tohor ataupun dolomit. Selain untuk membunuh hama ataupun patogen lainnya, pemberian kapur ini juga penting untuk meningkatkan pH tanah. Gunakan kapur dengan takaran sekitar 25 kg/100 meter2.

budidaya ikan mas

adaptasi suhu penebaran

 

jual bibit ikan mas

prepare kemas

 

usaha budidaya ikan mas

label kemasan

 

pengiriman benih ikan mas

persiapan angkut

 

Setelah siap, kolam bisa mulai diisi air. Namun dalam mengisi air sebaiknya lakukan secara bertahap. Tahap pertama, isi kolam dengan air setinggi 2 sampai 3 cm, setelah itu biarkan selama 2 atau 3 hari.

Selanjutnya tambahkan air secara bertahap hingga kedalaman air mencapai 40 hingga 60 cm. Anda bisa menambahkan lagi airnya hingga setinggi 80 hingga 120 cm dengan memperhitungkan jumlah benih ikan yang akan ditaburkan.

Biarkan dan tunggu hingga kondisi air kolam berubah warnanya menjadi kehijauan (biasanya sekitar 7 hingga 10 hari) yang menandakan bahwa kolam siap ditabur dengan bibit ikan mas.

Untuk anda yang tertarik dan ingin melakukan pemesanan bibit ikan mas untuk usaha budidaya anda, silahkan hubungi Ibu Marlia di nomor HP 0822.4298.0974 atau 081586393924

4 Responses to “Bibit Ikan Mas Unggul untuk Budidaya yang Efektif”
  1. salma says:
    • admisi says:
  2. Rahmat Hidayat says:
    • admisi says:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *